Apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa ?

       Gempa tidak ada yang bisa memprediksi kapan datangnya. Tetapi bila terjadi gempa kita harus melakukan beberapa kegiatan. Yang pastinya kegiatannya tentang penyelamatan diri bila mana gempa itu terjadi.

Apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa ?

Gempa bisa saja terjadi di darat dan juga di laut. Jika gempa yang berada dilaut bila besar goncangannya maka bisa menimbulkan tsunami loh. Dan juga gempa memiliki 2 jenis yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Jika gempa tektonik itu gempa yang disebabkan karena pergeseran lempeng bumi. Dan jika gempa vulkanik itu adalah gempa yang disebabkan adanya erupsi dari gunung berapi. Jangan berlama lama mari kita langsung saja cek apa saja yang harus dilakukan kita saat terjadi gempa.

1. Menuju ke ruang terbuka

Sebuah gempa dengan skala yang tinggi membuat gedung gedung dan benda benda yang berada dipermukaan tanah akan berguncang. Pada saat inilah kita harus bersegera untuk pergi keluar ruangan agar kita tidak dijatuhi oleh benda benda yang sedang terkena gempa bumi. 

Bersegeralah untuk pergi keluar ruangan atau ke alam terbuka seperti sebuah lapangan yang diatas tanah tidak ada sebuah benda atau bangunan. Mungkin bila anda berada pada pegunungan akan menyebabkan tanah longsor jika terjadi gempa. Maka dari itu berusahalah ke ruang terbuka bila anda berada di dalam ruangan agar tahu kondisi disekitarnya.

2. Carilah tempat berlindung yang kuat

Seperti yang dijelaskan diatas bila mana kamu sempat keluar ruangan maka segeralah keluar ruangan. Nah bila mana kamu tidak sempat untuk keluar ruangan maka carilah tempat berlindung yang cukup kuat untuk menahan benda benda yang jatuh terkena goncangan gempa bumi.

Ini solusi buat kamu yang sedang berada pada rumah atau tempat yang bertingkat cukup tinggi. Bila tidak sempat maka kamu harus wajib bersembunyi pada sebuah tempat yang kuat seperti dibawah meja atau sebagainya yang sekiranya kuat. Mungkin jika kamu berpikir bila saat gempa kamu berada pada lantai tinggi dan sedang tertidur maka kamu seharusnya membeli kasur yang memiliki pengamanan untuk tahan terhadap gempa. Tetapi pastinya kamu akan menghabiskan uang banyak untuk membeli ini. Akan tetapi kamu mendapatkan keamanan yang sangat tinggi loh dari benda tersebut.

3. Jangan panik

Tentunya ini hal yang menurut saya lumayan penting jika berada dalam keadaan gempa. Mungkin setiap orang akan tergesah gesah atau terburu buru bila saat terjadi gempa. Semua orang memikirkan diri sendiri dan orang terdekatnya yang hanya dipikirkannya. maka dari itu setiap orang wajib tidak panik dan bersegera untuk menuju jalur evakuasi.

Apalagi jika kamu berada dalam sebuah tempat yang sangat ramai orang. Nah pada saat itulah sistem ini sangat dibutuhkan. Bila kalian terus berdesak desakan maka nantinya akan bertambah lama untuk mengevakuasinya. Jika semua orang tidak berdesak desakan maka evakuasi akan bertambah cepat.

4. Update informasi gempa

Setelah kamu berada dalam tempat yang aman saat gempa telah terjadi. Kamu bergegaslah untuk mendapatkan infromasi gempanya berada dimana dan berapa kekuatan guncangan gempanya. Jika tidak bisa mendapat informasi pastikan dengan logikamu bila serasa guncangan tadi besar maka bersegeralah pergi ke tempat yang lebih tinggi bila kamu dekat dengan pantai. Dan dimohon tenang bila kekuatan gempa cukup rendah.

Selalu pastikan kamu bisa mengupdate informasi gempa secara benar yang dikeluarkan oleh BMKG atau media media yang sudah terpercaya. Jika sumber masih samar samar maka jangan dipercaya. Biaanya BPBD ditempat tinggalmu akan memberikan informasi yang akurat.

5. Segeralah menuju tempat aman

Jika BMKG mengumumkan gempa memiliki goncangan yang besar dan berpotensi tsunami maka kamu bersegeralah mencari tempat aman. Sekiranya kamu jauh dari letak tempat tsunami tersebut maka tempat tersebut bisa dikatakan tempat aman. Kamu juga bisa mencari posko posko terdekat dengan lokasimu sekarang. Maksud dari posko disini pastinya adalah tempat yang sudah disediakan untuk berjaga jaga bila ada terjadi tsunami.

Mungkin itu dulu untuk kalian yang ingin tau tata caranya jika terjadi gempa secara tiba tiba. Jangan lupa untuk berlangganan artikel dari situs ini, komentar dan saran siap kami terima untuk kemajuan situs ini. Trima kasih atas dukungan dan doanya.

0 Response to "Apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel