Cara Cek status Domain yang bermasalah

Kherysuryawan.com – Cara untuk mengecek apakah domain blogger aman atau bermasalah saat akan di akses di mesin pencari google.

Sebagai seorang blogger memiliki sebuah website merupakan hal yang sangat bermanfaat. Melalui website maka seseorang dapat membuat tulisan dan dapat membagikannya secara public agar bisa diakses oleh banyak orang dan tentunya bisa memberikan manfaat atau faedah bagi siapapun yang akan membacanya.

 

Menulis merupakan salah satu aktivitas yang dapat mengasah otak manusia. Dengan menulis maka kita bisa menyalurkan aspirasi atau pendapat yang ada di dalam pikiran kita. Tidak semua orang memiliki kecintaan dalam menulis namun tidak sedikit pula orang yang suka menulis dan membagikan tulisannya untuk banyak orang.

 

Saat ini telah banyak sekali wadah yang bisa dimanfaatkan bagi orang-orang yang suka menulis contohnya seperti dengan membuat blog atau website lalu memasukkan tulisannya kedalam blog/website lalu membagikan tulisan tersebut untuk bisa dibaca dan dinikmati oleh banyak orang.

 

Memiliki website tentunya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi seorang penulis sebab apa yang telah di tulis dapat tersimpan di dalam blog/website yang dimiliki dan bisa menjadi sebuah kenangan atau bahkan menjadi sebuah wadah yang bisa menghasilkan uang. Jika webisite yang dimiliki telah di terima oleh google adsense maka nantinya pemilik web bisa mengumpulkan pundi-pundi dari hasil tulisan yang di sukai oleh banyak pengunjung.

 

Berbicara mengenai blog atau website perlu di ketahui bahwa siapun dapat saja membuat website dengan mudah yang penting memiliki niat dan usaha untuk bisa belajar membuat website atau blog. Jika kita telah memiliki website atau blog maka kita merawatnya dengan memasukkan tulisan-tulisan atau bahkan bisa membagikan file yang dapat bermanfaat bagi orang lain yang dalam hal ini ialah mereka yang akan mengunjungi website kita.

 

Apabila tulisan yang kita sajikan di dalam website merupakan tulisan yang baik dan bermutu serta di sukai oleh pengunjung maka tentunya hal itu akan membuat website kita akan semakin berkembang. Apalagi jika pemilik website sangat rutin dan rajin untuk membuat tulisan yang bermanfaat maka pastinya pengunjung akan betah untuk mengunjungi website tersebut.

 

Kita dapat saja dengan mudah membuat sebuah website baik secara gratis maupun berbayar. Namun perlu di ketahui bahwa agar nama website kita bisa terlihat keren dan beken maka kita perlu untuk memberi nama pada alamat website kita dengan sebuah nama yang sesuai dengan keinginan kita masing-masing.

 

Alamat website yang saya maksud disini ialah domain. Mungkin bagi anda yang sering berselancar di dunia internet maka anda sudah mengetahui tentang apa itu domain.

Domain adalah nama yang mudah diingat yang terkait dengan alamat IP fisik di internet. Nama unik ini muncul setelah tanda www. di alamat web. Misalnya, www.nama domain .com. ada banyak jenis alamat domain seperti .com, .id, .net, .co.id dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Sebagai seorang blogger memiliki alamat website (domain) itu sangat penting sebab dengan nama pada domain yang akan digunakan maka bisa menjadi salah satu ciri dari website yang kita akan kelola. Domain merupakan alamat website yang akan mempermudah kita untuk menemukannya di internet.

 

Perlu di ketahui bahwa untuk bisa memiliki sebuah domain maka kita perlu membelinya terlebih dahulu. Nah bagi anda yang ingin membeli sebuah domain maka anda harus bisa lebih berhati-hati dalam memilih nama domain yang akan dibeli sebab saat ini telah banyak nama domain yang sudah tidak dapat diakses secara public atau dapat dikatakan sebagai domain yang bermasalah.

 

Biasanya banyak sekali orang yang ingin membeli sebuah domain dengan nama yang unik bahkan banyak juga yang ingin membeli domain yang telah digunakan oleh website lain yang sudah expayer atau sudah kadaluarsa masa aktifnya.

 

Jika kita membeli sebuah domain yang merupakan domain yang bermasalah maka kita tidak akan bisa mengakses nama domain itu dan tidak bisa menggunakannya untuk public alias tidak bisa diakses oleh public karena nama domain tersebut pernah melakukan pelanggaran sebelumnya.

 

Nah, bagaimana cara kita untuk mengetahui domain yang bermasalah agar kita tidak membeli domain yang tidak dapat di akses secara public. Pada postingan ini saya akan memberikan informasi menganai bagaimana cara mudah untuk bisa melakukan cek nama domain yang bermasalah, sehingga kita bisa memilih nama domain yang baik yang akan kita gunakan untukk website kita nantinya.

 

CARA CEK STATUS NAMA DOMAIN YANG BERMASALAH

1.   Silahkan kunjungi alamat berikut : https://trustpositif.kominfo.go.id

2.  Selanjutnya akan mucul beranda seperti tampak pada gambar di bawah ini



3.   Silahkan klik tulisan “Cari Data Pemblokiran trustpositif”

4.   Lalu Isilah Domain/URL/Keyword yang ingin Anda cari pada kolom isian tersebut

5.   Selanjutnya setelah nama domain anda inputkan maka silahkan klik “Cari Data”



6.   Selanjutnya akan ditampilkan kolom domain/url serta kolom status

7.   Apabila pada kolom status muncul tulisan dengan status “TIDAK ADA” maka itu artinya bahwa domain yang sedang dicek bukanlah domain yang bermasalah.

8.   Apabila pada kolom status muncul tulisan dengan status “ ADA” maka itu artinya bahwa domain yang sedang dicek merupakan domain yang bermasalah

9.   Berikut ini contoh tampilan domain yang aman/tidak ada masalah



10.Berikut ini contoh tampilan domain yang  bermasalah



11.Selesai.

 

Nah, apabila satatus domain yang anda telah cek ternyata merupakan domain yang bermasalah maka dapat dipastikan bahwa ketika orang akan mengakses dengan dama domain tersebut maka akan muncul keterangan “internet positif’ yang artinya bahwa domain tersebut sedang diblokir oleh pihak kominfo dengan artian bahwa nama domain tersebut pernah melakukan pelanggaran atau telah digunakan untuk hal-hal yang dilarang oleh pemerintah sehingga di lakukan pemblokiran.

 

Nah, sekarang sudah jelas bukan tentang bagaimana cara untuk bisa melakukan cek status domain yang baik dan tidak baik. Semoga dengan adanya artikel ini maka sahabat blogger yang akan membeli domain dapat memilih dan mengecek domain yang akan di beli terlebih dahulu sehingga tidak menyesal di kemudian hari.

Sekian dan Semoga bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "Cara Cek status Domain yang bermasalah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel